Rabu, 02 Juni 2010

Tipologi kepribadian Hipocrates dan Galenus

Tipologi kepribadian Hipocrates dan Galenus

Tipologi kepribadian berdasarkan dari Hipocrates dan Galenus yang didasarkan pada banyaknya cairan-cairan dalam tubuh individu. tipologi tersebut adalah sebagai berikut :

1).    Kholeris. : memiliki sifat dasar yang selalu optimis serta memiliki pola pikir untuk mencapai cita-cita yang tinggi. emosi yang dimilikinya yaitu : tidak tenang, mudah marah, lekas bereaksi negatif, hatinya mudah terbakar, selalu enerjik serta selalu fanatik. orang yang memiliki kepribadian kholeris selalu ingin berprestasi tinggi, mau menang sendiri serta memiliki sifat egoismenya kuat. orang kholeris kurang toleran, kurang kepercayaan kepada orang lain, dan selalu gelisah bila tidak berkuasa.

2).    Melankholis : sifat-sifat khasnya yaitu selalu pesimistis, mudah kecewa, murung (muram) selalu merasa tertekan, kurang bergairah serta cengeng dan rendah diri

3).    Pleghmatis : sifat dasarnya yaitu : selalu tenang. sifat perasaanya : tidak pernah tegang, dingin (kurang kepedulian), selalu sabar dan tidak pernah lekas panik, tidak mudah dipengaruhi (berprinsip) serta tidak mudah tersinggung. orang-orang pleghmatis memiliki sifat sosial sebagai berikut : tingkat penyesuaian sosialnya agak lambat, selalu berhati-hati (berusaha untuk tidak ceroboh), suka bekerja dan memiliki semangat yang stabil, selalu menetapi janji, dan selalu bersikap jujur.

4).    Sanguinis : sifat perasaanya yaitu selalu periang namun selalu berganti haluan. sifat perasaannya yaitu : peka, mudah terseret arus, tidak takut resiko (selalu berusaha mengambil kesempatan yang ada). memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, mudah puas atas segala sesuatu yang telah dilakukan walaupun berbeda pendapat dengan orang lain. orang dengan tipe sanguinis cepat bereaksi terhadap sesuatu tetapi mudah luntur, kurang teratur dalam melaksanakan seuatu, kurang teliti serta cepat menyesuaikan diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar